• February 22, 2024

Sup Terenak di Dunia, Rawon Jadi yang Pertama Versi Taste Atlas

Sup Terenak di Dunia – Apakah kamu tahu mengenai platform seputar kuliner dunia yang bernama Taste Atlas? beberapa hari yang lalu (1/8), Indonesia sempat diramaikan oleh kabar menarik dari dunia kuliner yang membahas mengenai sup terenak di dunia loh.

sup terenak di dunia
istockphoto.com

Taste Atlas menjadi sebuah platform yang cukup popular yang bisa diakses siapa saja untuk memberikan ulasan mengenai kuliner. Salah satu data terbaru yang dirilis Taste Atlas pada 31 Juli 2023 pada platform mereka adalah kuliner dengan tema sup terenak di dunia.

Rupanya kuliner dari Indonesia yang masuk ke dalam 10 deret daftar sup terenak di dunia tersebut adalah makanan lokal bernama rawon. Kuah dari kuliner khas Jawa Timur ini dikatakan sebagai sebuah makanan lezat yang banyak diidolakan oleh banyak orang.

Mengenal Rawon sebagai Sup Terenak di Dunia

Apakah sobat GoTravelly sudah pernah mencoba kuliner berkuah hitam ini? jika kamu mengaku sebagai seorang pecinta kuliner atau foodies dan belum mencoba makanan yang satu ini, sepertinya kamu harus mencoba rawon di Jawa Timur deh.

Bagi kamu yang sudah pernah mencoba makanan yang satu ini, tentu saja akan sepakat bahwa rawon memiliki rasa dan aroma khas yang tidak bisa dipungkiri kelezatannya, bukan? Salah satu ciri khas yang membedakan rawon dengan makanan berkuah lainnya di Indonesia adalah bahan dasar yang menghasilkan cita rasanya.

Jika kamu mencari tahu tentang kuliner lokal ini, tentu saja ciri mencolok adalah kuahnya yang berwarna hitam. Warna hitam dari rawon tersebut dihasilkan dari kluwek. Perpaduan kluwek dengan bumbu dapur lainnya tentu akan menghasilkan aroma sedap saat rawon disajikan.

Jika sobat GoTravelly mampir ke Jawa Timur dan tertarik untuk mencicipi rawon mungkin kamu akan bertemu dengan beberapa versi penyajian. Setiap daerah di Jawa Timur sebenarnya memiliki ciri khasnya masing-masing ketika menyajikan sup terenak di dunia ini.

Rawon biasanya dinikmati dengan daging yang telah di masak menjadi empal atau juga daging bagian sandung lamur dengan tekstur kenyal berlemak yang khas. Pelengkap untuk menikmati rawon lainnya adalah telor asin dan taoge pendek.

Selain rawon dari Jawa Timur, ternyata ada banyak makanan berkuah lainnya yang juga menjadi menu terenak di dunia loh. Apakah kamu penasaran menu apa dan berasal dari mana saja yang telah dikalahkan kuliner Indonesia tersebut? yuk, simak di bawah ini.

Daftar Sup Terenak di Dunia Versi Taste Atlas

Sobat GoTravelly ada banyak makanan yang lezat di dunia. Namun, pilihan makanan dengan kuah tentu menjadi comfort food yang selalu nikmat untuk dipilih, bukan? Kali ini GoTravelly akan memberikan ulasan yang telah dilansir dari Taste Atlas mengenai deretan makanan berkuah atau sup yang bisa menjadi pilihan kuliner untukmu.  

10. Żurek – Polandia

zurek makanan khas polandia
freepik.com

Pada deretan nomer 10 ada sup tradisional dari Polandia. Makanan yang satu ini memiliki ciri khas rasa asam yang berasal dari ragi. Ragi tersebut terbuat dari roti dan tepung gandum hitam yang khas.

Sup ini memiliki isian daging yang melengkapinya, seperti sosis, bacon, dan ham. Selain berisi daging, Żurek juga dilengkapi dengan beberapa potongan sayur, seperti kentang, wortel, atau jamur.

Pada umumnya makanan tradisional seringkali memiliki berbagai versi sesuai dengan daerah masing-masing. Hal itu juga berlaku dengan Żurek sebagai makanan tradisional Polandia.

Di daerah tertentu sup ini disajikan dengan telor, entah direbus atau dimasak mata sapi. Tidak hanya itu saja Żurek juga seringkali disajikan dengan mangkuk roti atau croutan. Apakah kamu tertarik mencicipi sup yang menjadi hidangan Paskah ini?

9. Shoyu Ramen – Jepang

shoyu ramen makanan jepang
flickr.com

Kamu pecinta ramen? buat kamu yang menyukai makanan ini pasti akan sepakat jika Shoyu Ramen pantas untuk menjadi varian sup terenak di dunia. Makanan dari Jepang ini menjadi salah satu sajian lezat yang memiliki rasa light khas.

Taste yang sederhana namun kaya rasa dari ramen ini berasal dari kuah kaldunya yang terbuat dari kecap. Rasa light tersebutlah yang menjadikan banyak pecinta kuliner memilih dan menyukai salah satu ramen dasar dari ketiga jenis kaldu Jepang tersebut.

Makanan yang satu ini biasanya dihidangkan bersama dengan beberapa topping, seperti irisan daging, irisan bawang bombay, telor rebus. Biasanya setiap kedai ramen akan memiliki resep dengan sajian yang berbeda.

8. Ramen – Jepang

ramen
unsplash.com

Jika diurutan sebelumnya adalah menu dengan jenis spesifik, maka kali ini adalah bentuk umumnya. Masih dalam varian makanan mie, menu sup terenak di dunia selanjutnya adalah ramen.

Ramen merupakan jenis mie yang disajikan dengan kuah kaldu yang beragam. Jika kamu mencari tahu, maka kamu akan menemukan berbagai varian ramen, seperti tsukemen, tonkotsu ramen, miso ramen, shio ramen, shoyu ramen, dan masih banyak lagi.

Mie yang telah ada sejak tahun 1910 di Jepang ini dikenal sebagai makanan yang memiliki rasa lezat. Mie ini telah menjadi menu yang mendunia dan banyak dinikmati oleh penikmat kuliner.

7. Bori-bori – Paraguay

bori bori sup khas paraguay
tasteatlas.com

Kuliner selanjutnya adalah sebuah sup berasal dari negara yang berbatasan dengan Argentina, yakni Paraguay. Bori-bori merupakan sajian khas tradisional yang memiliki rasa lezat.

Sup ini sangat lezat untuk dinikmati selagi hangat, terlebih saat musim dingin tiba. Isian yang menjadi pelengkap dari menu sup ini terdiri dari irisan daging, seperti daging sapi atau ayam. Selain itu ada juga pangsit dengan kulit lembut yang menjadi isiannya.

Makanan ini tergolong sup sayur, jika kamu mencicipi Bori-bori akan ada irisan wortel, daun seledri, serta bawang bombay di dalamnya. Rasanya yang kuat tercipta dari rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan dasarnya, seperti cengkeh, peterseli, daun salam, dan sedikit kunyit.

6. Ciorba Radauteana – Rumania

ciorba radauteana
istockphoto.com

Sup terenak di dunia selanjutnya berasal dari daratan Eropa Tengah. Jika melihat tampilannya, tentu kamu akan tahu bahwa makanan yang satu ini memiliki teksutr creamy yang menggoda.

Sup ini menggunakan perasan air lemon, sehingga menciptakan rasa asam yang segar. Bahan-bahannya, seperti irisan wortel, paprika merah, bawang merah, daging ayam, selederi, peterseli, dan krim asam dimasak menjadi satu hingga matang sempurna.

Ciorba Radauteana menjadi salah satu menu comfort food  bagi orang Rumania untuk menghilangkan rasa mual ketika sedang mengalami mabuk. Selain itu, makanan ini jika sering menjadi sajian penyembuh untuk mereka yang merasa dalam kondisi tubuh yang tidak terlalu fit, seperti flu.

5. Taiwanese Hot Pot – Taiwan

hot pot sup terenak di dunia
freepik.com

Siapa yang belum kenal dengan makanan popular yang satu ini? Sebuah panci panas mengepul yang berisi kuah kaldu lezat yang dimasukkan dengan berbagai macam isian sup pelengkap, seperti irisan daging tipis, seafood, jamur, atau sayuran.

Hot Pot menjadi salah satu menu milik Taiwan yang banyak digemari oleh pecinta kuliner. Cara menikmati makanan yang satu ini cukup unik karena tersaji untuk komunal atau beberapa orang yang duduk melingkar.

Biasanya makanan ini tidak disajikan dengan nasi atau pun mie loh. Jika kamu memesan Hot Pot biasanya akan mendapat berbagai macam kondimen yang menjadi bahan pelengkap untuk menguatkan cita rasa untuk menikmatinya. Jadi, apakah kamu pecinta hot pot foodies?

4. Sopa de Lima – Meksiko

sopa de lima kuliner sup meksiko
flickr.com

Rupanya tidak hanya taco saja yang menjadi makanan khas dari Meksiko loh. Sopa de Lima sebuah sajian sup lemon dengan rasa asam segar ini juga banyak disukai orang. Jika melihat dari tampilannya, apakah kamu tertarik mencoba sup terenak di dunia ini?

Seperti beberapa menu kuliner Meksiko lainnya, Sopa de Lima menjadi salah satu makanan yang juga menggunakan habanero sebagai pelengkap cita rasanya loh. Sup ini dikenal memiliki rasa yang unik.

Ada perpaduan rasa asam dari jeruk nipis lokal dari Yucatan yang berbeda dari jeruk lainnya. Rasa unik tersebut lalu dipadukan dengan pedasnya habanero. Sup ini biasanya berisi potongan daging ayam dan tomat sebagai pelengkapnya.

3. Tom Kha Gai – Thailand

tom kha gai
flickr.com

Sup terenak di dunia selanjutnya berasal dari negeri Seribu Pagoda, Thailand. Jika di negara kita memiliki opor ayam maka negara tetangga kita ini memiliki Tom Kha Gai. Sup ini memiliki rasa creamy dari santan yang menjadi salah satu bahan dasar dibuatnya.

Bahan lainnya yang digunakan untuk memasak sajian seperti laos, daun jeruk, serai, cabai rawit, dan kecap ikan. Sebagai isiannya sup ini memiliki ayam dan jamur shitake. Sup ini sangat lezat dinikmati dengan nasi hangat.

Apabila kamu adalah seorang dengan pola makan diet bebasgluten, maka menu yang satu ini akan sangat cocok untukmu. Jadi, apakah sobat GoTravelly bisa membayangkan cita rasa kuliner dari Thailand ini dan tertarik mencobanya?

2. Tonkotsu Ramen – Jepang

tonkotsu ramen jepang
unsplash.com

Sebelum menuju urutan pertama dari daftar sup terenak di dunia, maka inilah deret kedua sebuah kuliner dari negeri Sakura bernama Tonkotsu Ramen. Mie dengan kuah yang penuh cita rasa kuat dari kaldunya ini menjadi makanan yang banyak disukai orang.

Merujuk dari namanya, tonkotsu berarti ‘tulang babi’ dalam bahasa Jepang. Bahan utama yang menciptakan rasa lezat dan menjadi pembeda dari ramen lainnya tersebut adalah tulang babi.

Kaldu Tonkotsu Ramen dibuat dengan tulang babi yang dimasak dengan berbagai macam bumbu lainnya. Proses perebusan bahan tersebut membutuhkan waktu yang lama hingga menghasilkan kaldu sempurna.  

1. Rawon  

rawon jawa timur
freepik.com

Seperti yang sudah kamu ketahui makanan lokal Indonesia ini menjadi juara pertama untuk kategori sup terenak di dunia. Rasa dari rawon yang lezat milik Jawa Timur ini menjadikannya salah satu menu makanan yang bisa dengan mudah kamu temui setiap saat.

Tidak jarang juga rawon menjadi salah satu suguhan ketika acara-acara perayaan diselenggarakan. Selain dilengkapi dengan telor asin, kecambah pendek rawon juga semakin nikmat jika dimakan bersama kerupuk loh. Jadi, sobat GoTravelly tim foodies yang suka menikmati kuah dan nasi dengan cara dipisah atau digabung, nih?

source: https://www.youtube.com/@CreativeTravelGuide

Menurut sobat GoTravelly, apakah rawon sungguh memiliki cita rasa yang lezat melebihi deretan makanan lainnya yang telah disebutkan di atas? yuk, cari tahu makanan lezat lainnya di GoTravelly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *