• February 24, 2024

Pilihan Gunung di Sulawesi Selatan dengan Panorama Alam Terbaik

Sulawesi memang terkenal dengan keindahan lautnya tapi dataran tinggi atau gunung di Sulawesi Selatan juga tak kalah indah. Gunung di Sulawesi ada banyak yang dijadikan sebagai tujuan pendakian dan hanya jadi objek wisata. Berikut ini daftar gunung terbaik di Sulawesi dengan keindahan alam menakjubkan.

gunung di sulawesi selatan
unsplash.com

Gunung di Sulawesi Selatan

1.   Gunung Nenemori

Memiliki ketinggian sampai 3000mdpl lebih membuat pendaki bisa melihat keindahan alam menakjubkan dari atas. Belum banyak pendaki yang menaklukan Gunung Nenemori sehingga keindahan alamnya terjaga. Pendaki akan disuguhi pemandangan alam indah sepanjang pendakian.

Perlu diketahui jika kawasan Gunung Nenemori masih minim air sehingga disarankan membawa perbekalan air lebih. Perjalanan menuju puncaknya juga penuh tantangan yang tidak mudah. Ketika kamu sudah sampai ke puncak maka ada rasa kepuasan tersendiri yang akan kamu dapat.

Lokasi Gunung Nenemori ada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

2.   Gunung Latimojong

Gunung di Sulawesi Selatan kedua ada Gunung Latimojong yang ketinggiannya tak jauh berbeda dengan Nenemori. Nama puncak Latimojong terkenal dengan nama Tamoupa yang arinya orang beruntung. Bagi siapa saja yang bisa menaklukkan Latimojong sampai ke puncak dia adalah orang beruntung.

Bebatuan di Gunung Latimojong terdiri dari susunan paman Sawerigading yang merupakan keturunan Raja Luwu Purba. Ada berbagai titik untuk mengunjungi Gunung Latimojong salah satunya dari Desa Bungin. Dari atas kamu bisa melihat keindahan pemandangan kota.

Lokasi Gunung Latimojong ada di Desa Baraka, Kab.Enrekang, Sulawesi Selatan

3.   Gunung Rantekambola

Ketiga ada Gunung Rantekambola yang ketinggiannya 3083 mdpl. Pada puncak gunung terdapat susunan batu tanda bahwa para pendaki pernah menapaki gunung tersebut. Jalur atau area pendakiannya bisa melalui beberapa titik dan yang paling terkenal Tana Toraja.

Hati-hati dan banyak berdoa jika kamu memutuskan mendaki Rantekambola karena GPS bisa tak berfungsi. Begitu juga dengan kompas yang mendadak tidak menentu arahnya. Pastikan cuaca bagus saat pendakian supaya kemungkinan buruk lebih minim terjadi.

Lokasi Gunung Rantekambola ada di Uluwai, Kec.Mengkendek, Kab.Tana Toraja, Sulawesi Selatan

4.   Puncak Rantemario

Selanjutnya adalah gunung di Sulawesi Selatan bernama Puncak Rantemario. Keindahan Rantemario sudah sangat terkenal karena menjadi gunung tertinggi ke-5 Indonesia. Sepanjang perjalanan menuju ke gunung kamu akan disuguhi pemandangan perbukitan.

Jangan sampai memulai pendakian dari jalur tidak resmi. Melapor k epos pendakian pertama adalah hal yang wajib dilakukan. Pada saat berjalan dengan rombongan kamu juga wajib memeriksa kondisi mereka. Berangkat lima orang juga harus pulang lima orang jangan ada yang tertinggal.

Lokasi Puncak Rantemario ada di Bagian Gunung Latimojong masih satu wilayah

5.   Gunung Balease

Khusus bagi kamu yang suka dengan tantangan maka disarankan untuk menginjakkan kaki ke Gunung Balease. Jalur pendakiannya cukup sulit apalagi saat hujan turun. Bahkan jika tidak berhati-hati maka kamu rawan tergelincir dari area pendakian.

Sumber mata air juga sulit ditemukan bahkan terkesan tersembunyi. Puncak dari Gunung Balease ditandai dengan adanya besi tower dari KPA Batara Sawerigading. Kepuasan tersendiri akan kamu dapatkan ketika sudah mencapai puncak dan menaklukkan Gunung Balease.

Lokasi Gunung Balease ada di Dusun Ulusalu, Desa Bantimurung, Kec.Bonebone, Kab.Luwu Utara, Tolangi

6.   Gunung Simbolong

Rekomendasi gunung di Sulawesi Selatan berikutnya adalah Gunung Simbolong yang pemandangannya memukau. Dari atas area pegunungan kamu bisa melihat perkebunan dan bukit batu yang indah. Area pertanian dan aktivitas penduduk juga terlihat dari atas gunung.

Mayoritas masyarakat di sekitar pegunungan profesinya adalah petani. Hasil pertanian di sekitar gunung memang terkenal menjanjikan. Tanahnya yang subur karena ada di sekitar pegunungan membuat hasil pertaniannya juga bagus.

Lokasi Gunung Simbolang ada di Kec.Masalle, Kab.Enrekang, Sulawesi Selatan

7.   Gunung Kambuno

Masih ada lagi gunung yang puncaknya punya keindahan memukau yakni Gunung Kambuno. Untuk mendaki dan menaklukkan Gunung Kambuno jarak tempuhnya cukup panjang sekitar 45 km. Dari pos 1 kamu harus berjalan lagi dengan medan yang cukup menantang.

Keunikan pemandangan yang tidak akan kamu temukan di gunung lainnya adalah kehadiran anoa. Hewan khas Sulawesi tersebut sering memunculkan diri ketika ada pendaki. Tapi jangan sampai kamu mengganggu anoa karena apa saja yang di gunung tidak boleh diganggu.

Lokasi Gunung Kambuno ada di Kab.Luwu Utara, Sulawesi Selatan

pendaki gunung
freepik.com

8.   Gunung Tolangi

Gunung di Sulawesi Selatan berikutnya adalah Gunung Tolangi yang ketinggiannya sama dengan Balease. Jalurnya kurang lebih juga sama sehingga jika kamu pernah menaklukkan Balease pasti bisa menaklukkan Tolangi.

Pendaki sengaja membuat susunan batu untuk menjadi tanda bahwa kamu bisa mencapai puncak. Kemenangan dan kepuasan akan kamu dapakan ketika di puncak. Bonusnya adalah pemandangan alam menakjubkan yang mungkin baru kamu lihat seumur hidup.

Lokasi Gunung Tolangi ada di Desa Bantimurung, Kec.Bone-bone, Kab.Luwu Utara, Sulawesi Selatan

9.   Gunung Kabentonu

Tantangan yang kamu dapatkan ketika mendaki Gunung Kabentonu adalah pepohonan yang rapat. Gunung dengan ketinggian 2.866 mdpl ini punya kesulitan tersendiri bagi para pendaki. Jika sampai ke puncak kamu akan menemukan prasasti yang sengaja dijadikan tanda.

KPA Garis Palopo pada tahun 2012 membuat prasasti tersebut sebagai penanda sampai ke puncak. Terdapat telaga kecil pula yang dinamakan Danau Karoue yang bisa kamu temui. Perpaduan pepohonan dan danau menjadikan panorama alam dan udara yang indah.

Lokasi Gunung Kabentonu ada di Wilayah Masamba yakni dekat perbatasan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah

10.   Gunung Lompobattang

Pilihan gunung di Sulawesi lainnya ada Gunung Lompobattang yang letaknya dekat dengan Gunung Bawakaraen. Biasanya pendaki akan dibingungkan dengan dua pilihan gunung yang sama-sama indah. Objek wisata yang disediakan oleh Gunung Lompobattang juga menarik.

Penganut sinkretisme juga sering mengunjungi gunung Lompobattang pada musim haji tiba. Seperti kebanyakan gunung lainnya, Lompobattang sering disakralkan oleh pemiliknya. Terdapat jalur pendakian lintas jika tidak ingin mendaki dengan medan curam.

Lokasi Gunung Lompobattang ada di Dusun Lembang Bune, Kel.Cikoro, Kec.Tompobulu, Kab.Gowa

11.   Gunung Bawakaraeng

Berlokasi di Gowa, ketinggian Gunung Bawakareang sekitar 2.700 mdpl. Pengunjung menyebut puncak pegunungan sebagai titik terdingin. Siapkan jaket tebal sebelum sampai ke puncak supaya  kulit kamu tidak kaget dan mudah sakit.

Pemandangan dari atas gunung berupa hamparan pepohonan hijau dan pemukiman masyarakat sekitar. Terdapat lembah Ramma yang bisa kamu kunjungi. Dataran luas yang satu ini dipastikan banyak yang mengincar untuk sampai ke sana.

Lokasi Gunung Bawakaraeng ada di Kec. Tinggimoncong, Kab.Gowa Sulawesi Selatan

wisata gunung di sulawesi selatan
freepik.com

12.   Gunung Singgang

Keunikan dari gunung di Sulawesi Selatan yang satu ini adalah ditinggali oleh 276 orang. Pemukiman tersebut paling tidak membuat para pendaki tidak merasa hampak ketika mendaki ke puncak. Tantangan yang harus dilewati sebelum menuju ke puncak juga cukup banyak.

Apabila kamu sudah mencapai puncak Gunung Singgang maka kamu bisa melihat keindahan beberapa pegunungan. Jadi, jika kamu ingin naik ke puncak gunung dan melihat beberapa gunung sekaligus di sini adalah tempat yang cocok.

Lokasi Gunung Singgang ada di Gowa, Sulawesi Selatan

13.   Gunung Karua

Lokasi pegunungannya ada di pedalaman Tana Toraja sehingga sebelum sampai ke gunung kamu akan disuguhkan pemandangan pedesaan. Ketinggian Gunung Karua mencapai 2.650 mdpl dan trekking pendakiannya cukup sulit bagi pemula.

Terdapat cerita yang menyebutkan jika Gunung Karua awalnya sangat besar namun kemudian meletus. Letusan gunungnya kemudian membuat pegunungan terbagi menjadi delapan. Banyak yang percaya dengan cerita ini tapi banyak juga yang tidak percaya.

Lokasi Gunung Karua ada di Lembang Balla, Bittuang, Tana Toraja

14.   Gunung Bulubaria

Selanjutnya gunung di Sulawesi Selatan yang bisa untuk didatangi adalah Gunung Bulubaria. Ketinggiannya mencapai 2.657 mdpl dan berada satu kawasan dengan Pegunungan Lompobattang, Gowa. Di puncak gunungnya kamu bahkan bisa melihat pegunungan lain.

Kekurangan yang mungkin kamu rasakan jika mendaki ke Bulubaria adalah pepohonannya yang minim. Apabila terik matahari menyengat maka kulit kamu akan terpapar matahari langsung. Tapi untuk area berkemahnya sangat luas sehingga kamu tidak perlu pusing.

Lokasi Gunung Bulubaria ada di Bulbaria, Manimbahoi, Kec.Parigi, Kab.Gowa, Sulawesi Selatan

15.   Buntu Puang

Selanjutnya adalah Buntu Puang yang letaknya ada di perbatasan Palopo dan Toraja Utara. Ketinggian gunungnya tidak sampai 2000mdpl tapi tantangan pendakiannya cukup sulit. Penduduk asli dikenal dengan rumpun Basse Samg Tempe.

Terdapat tradisi tahunan yang dilakukan penduduk setempat yakni pesta panen. Lokasi Buntu Puang juga sering dijadikan untuk trekking motor trail yang unjuk kebolehan. Disarankan jika ingin ke Buntu Puang untuk mendekati masyarakat setempatnya terlebih dahulu.

16.   Gunung Sesean

Turis mancanegara yang ingin mendaki gunung Indonesia sering kali memilih Gunung Sesean. Ketinggiannya 1.400mdpl dan hanya butuk waktu pendakian 4 jam itulah kenapa lokasi ini jadi favorit. Dalam perjalanan sudah pasti kamu akan menemukan batu khas seperti beberapa pegunungan lain.

Tapi jangan salah terdapat batu khusus di Gunung Sesean bernama Batutumonga. Menurut cerita masyarakat setempat batu tersebut adalah jelmaan dari kerbau besar. Percaya atau tidak percaya kamu tetap wajib menghormati apa yang disakralkan masyarakat setempat.

Meski medannya tidak terlalu sulit tapi keindahan selama pendakian bisa kamu nikmati. Lokasinya ada di Tana Toraja sehingga ciri khas masyarakat setempat masih terbawa sampai area pendakian.

17.   Gunung Sikolong

Terakhir gunung yang direkomendasikan adalah Gunung Sikolong yang lokasinya di daerah Luwu dan Tana Toraja. Keunikannya terletak pada puncak yang berbentuk batu dengan tinggi 30 meter. Jika ingin mengunjunginya kamu akan melewati beberapa desa.

Tantangan yang akan kamu hadapi adalah perjalanan menuju pegunungan yang cukup panjang. Rombongan yang tidak biasa mendaki sangat rentan kelelahan. Pastikan untuk menjaga kondisi fisik sebelum terjun ke gunung untuk mendaki.

Lokasi Gunung Sikolong ada di Buntu Sikolong, Uluwai, Kec.Mangkendek Kab.Luwu dan Kab.Tana Toraja

Kegiatan mendaki gunung sejatinya bukan hanya kegiatan biasa. Kamu akan mendapat banyak manfaat berupa fisik dan emosional. Bahkan sisi spiritual kamu juga akan diuji ketika mendaki gunung. Pastikan untuk tidak mengganggu keasrian alami gunung supaya keindahan alamnya terjaga ya sobat GoTravelly!

source: https://www.youtube.com/@fiersabesari

Daftar gunung di Sulawesi Selatan yang disebutkan di atas adalah gunung dengan panorama terbaik. Masih ada banyak gunung lainnya yang bisa didaki atau sekedar dikunjungi. Salah satu ciri khas dari pegunungan daerah Sulawesi adalah bebatuan yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *