• October 2, 2023

Oleh Oleh Khas Situbondo, Wajib Kamu Bawa Pulang!

Menghabiskan waktu berlibur dengan menyusuri kawasan Situbondo menjadi salah satu hal menarik yang bisa kamu lakukan. Selain dikenal kaya akan pilihan wisata, Situbondo juga menyajikan berbagai hidangan serta oleh oleh khas yang menarik kamu coba. Sebelum pulang, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh oleh. Berikut daftar rekomendasi oleh oleh khas Situbondo yang populer dan menarik untuk kamu bawa pulang.

Oleh Oleh Khas Situbondo :

1. Tape Sorgum: Kelezatan Tersembunyi

tape sorgum
surabaya.jatimnetwork.com

Salah satu oleh oleh khas Situbondo yang mungkin belum banyak dikenal adalah Tape Sorgum. Meskipun belum begitu populer di kalangan masyarakat Jawa Timur, namun Tape Sorgum memiliki potensi besar untuk menjadi ikon kota Surga Burung ini. Dalam upaya memperkenalkan Tape Sorgum, pemerintah setempat memulai program promosi yang bertujuan agar masyarakat luar Situbondo semakin mengenal dan tertarik dengan oleh-oleh unik ini.

Meskipun biji sorgum sering digunakan sebagai pakan ternak, ternyata sorgum juga memiliki nilai nutrisi yang tinggi dan dapat diolah menjadi makanan karbohidrat yang lezat. Petani di Situbondo dengan tekun menanam biji sorgum ini, dan mereka menjadikannya sebagai salah satu hasil bumi utama. Diharapkan, dengan pengolahan yang lebih baik, Tape Sorgum dapat menjadi produk unggulan dan meningkatkan penjualan.

2. Manisan Kelapa: Keindahan Warna dan Rasa

manisan kelapa
javatravel.net

Manisan Kelapa adalah salah satu oleh-oleh yang tidak hanya lezat tetapi juga mempesona dengan warna-warni cerahnya. Dalam berbagai pusat oleh-oleh, kamu dapat dengan mudah menemukan Manisan Kelapa ini. Keindahan yang ditawarkan berhasil memikat dan menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. Bukan hanya sebagai oleh-oleh, Manisan Kelapa juga memiliki nilai simbolis dalam mempererat hubungan dengan keluarga dan rekan.

Kelapa merupakan komoditas utama di Situbondo. Oleh karena itu, tidak heran jika terdapat berbagai olahan makanan menggunakan bahan dasar ini. Manisan Kelapa adalah salah satu olahan yang terbuat dari buah kelapa setengah tua, gula pasir, air, dan pewarna makanan. Pewarna makanan tidak hanya memberikan tampilan menarik tetapi juga membuat Manisan Kelapa ini menjadi daya tarik visual di pusat oleh-oleh.

3. Buah Mangga: Kualitas Premium dari Surga Burung

buah mangga
newsriau.com

Tidak hanya dikenal dengan keindahan pantainya, Situbondo juga terkenal dengan buah Mangga berkualitas premium. Buah Mangga dengan daging yang tebal dan rasa manis yang khas adalah salah satu daya tarik utama bagi para pengunjung. Kualitas buah yang tinggi membuat Mangga Situbondo diminati tidak hanya oleh penduduk lokal tetapi juga oleh turis dari luar negeri.

Di antara jenis Mangga yang populer di Situbondo adalah Arum Manis dan Mangga Madu. Keduanya memiliki cita rasa manis yang lezat, dan kualitasnya sangat dipengaruhi oleh pemilihan bibit serta perawatan yang baik. Kondisi tanah yang cenderung kering di Situbondo juga berperan penting dalam pertumbuhan Mangga yang baik dan berkualitas.

4. Ikan Bakar Asap: Kelezatan Pesisir yang Otentik

ikan bakar asap
foodnesia.net

Kota Situbondo yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa memiliki kekayaan ikan yang melimpah. Inilah yang menginspirasi lahirnya Ikan Bakar Asap, salah satu oleh-oleh terkenal dari daerah ini. Keunikan dari Ikan Bakar Asap ini terletak pada cara pengolahannya. Ikan segar yang ditangkap oleh nelayan langsung diolah dengan menggunakan sabut kelapa sebagai bahan bakar tanpa memakai bara api.

Proses pengolahan yang unik ini menghasilkan rasa ikan yang lezat dengan cita rasa asap yang khas. Penggunaan rempah-rempah tidak dibutuhkan karena rasa gurih dan enak berasal dari kesegaran ikan itu sendiri. Ikan Bakar Asap ini dapat ditemukan di sepanjang pantai Situbondo dengan harga terjangkau, memberikan pengalaman kuliner pesisir yang autentik.

5. Kerajinan Kerang: Seni dari Kekayaan Laut

kerajinan kerang
surya.co.id

Kerang, sebagai salah satu kekayaan laut Situbondo, tidak hanya diolah menjadi hidangan lezat tetapi juga dijadikan bahan untuk kerajinan tangan. Dari cangkang kerang yang diolah dengan kreativitas, muncullah berbagai macam barang bernilai tinggi seperti kalung, gelang, figura, dan jam dinding. Kerajinan ini tidak hanya memberikan nilai ekonomis, tetapi juga membantu mengurangi limbah dan menciptakan peluang mata pencaharian.

Keindahan dan keunikan dari kerajinan kerang ini membuatnya diminati oleh wisatawan. Dengan beragam warna dan bentuk, kerajinan ini cocok sebagai aksesoris pribadi atau hiasan di rumah. Kamu dapat menemukan kerajinan kerang ini di sepanjang pantai Situbondo, menggambarkan kreativitas dan nilai budaya dari daerah ini.

6. Sate Lalat: Unik dan Lezat

sate lalat
kompasiana.com

Meskipun namanya mungkin terdengar aneh, Sate Lalat di Situbondo sebenarnya adalah hidangan ayam yang diolah dengan cara unik. Potongan daging ayam yang kecil-kecil ditusuk dan dibakar, mirip dengan ukuran lalat. Nama yang unik ini berasal dari ukuran potongan ayam yang kecil tersebut. Dalam hal rasa, Sate Lalat memiliki cita rasa yang khas berkat bumbu kacang yang lezat.

Sate Lalat dapat dijadikan oleh-oleh dengan cara memisahkannya dari bumbu kacang dan membungkusnya terpisah. Hal ini memastikan Sate Lalat tetap segar dan lezat saat disantap, terutama jika kamu membawanya dari jarak yang jauh.

7. Oleh Oleh Khas Situbondo : Batik Situbondo

batik situbondo
senibenni.com

Kota Situbondo yang terletak di dekat laut memberikan inspirasi bagi motif-motif batik khas daerah ini. Batik Situbondo sering mengambil motif alam terutama yang berkaitan dengan kekayaan laut, seperti motif kerang. Kamu dapat menemukan berbagai pilihan batik dengan motif unik ini di kota ini. Batik ini tidak hanya memiliki nilai estetika tetapi juga mewakili warisan budaya Situbondo.

8. Oleh Oleh Khas Situbondo : Nasi Karak

nasi karak
pinterest.com

Nasi Karak adalah hidangan unik yang mungkin belum dikenal di luar Situbondo. Meskipun namanya mengacu pada nasi yang kering, tekstur dan rasa dari Nasi Karak ini benar-benar berbeda. Dengan lauk ikan tongkol, oseng tempe tahu, kuah khas, dan taburan kelapa parut, Nasi Karak menghadirkan pengalaman kuliner yang berbeda. Proses masaknya melibatkan penambahan garam sebelum nasi matang, menciptakan tekstur yang unik dan menghindari penggumpalan.

9. Oleh Oleh Khas Situbondo : Tajin Palappa

tajin palappa
jatim.nu.or.id

Nama Tajin Palappa menggambarkan perpaduan budaya dalam satu hidangan. Tajin Palappa adalah bubur yang diolah dengan bumbu khas Madura. Dalam penyajiannya, hidangan ini disajikan dengan sayur kangkung, tauge, kuah kacang, dan bakwan. Perpaduan unik dari berbagai komponen ini menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

source : https://www.youtube.com/@bottv6563

Membawa oleh oleh khas dari Situbondo adalah cara yang indah untuk mengenang perjalananmu. Dari Tape Sorgum hingga Tajin Palappa, setiap oleh-oleh mengandung cerita dan keunikan tersendiri dari kota Surga Burung ini. Jika kamu mengunjungi Situbondo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi dan membawa pulang kelezatan serta keindahan dari setiap makanan dan produk khasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *