• February 26, 2024

13 Wisata di Banda Aceh yang Lagi Hits dan Terbaru

Banda Aceh merupakan sebutan bagi ibukota Provinsi Aceh. Kawasan yang satu ini populer dengan sebutan Serambi Mekah karena menjadi kawasan penyebaran Islam pertama di Indonesia. Tidak hanya itu, banda Aceh juga menyimpan banyak kekayaan lainnya, salah satunya adalah tempat wisata. Kamu dapat mengunjungi wisata di Banda Aceh sebagai tujuan berlibur. 

Selain tempat wisata religi, kota Serambi Mekah Banda Aceh juga menawarkan berbagai pilihan wisata lainnya seperti wisata alam hingga tempat-tempat bersejarah. Tidak perlu bingung menentukan tujuan berlibur, berikut daftar rekomendasi wisata di Banda Aceh yang populer dan bisa kamu kunjungi.

Wisata di Banda Aceh :

1. Museum Tsunami Aceh

museum tsunami aceh
ebtke.esdm.go.id

Saat membahas tentang wisata di Banda Aceh, beberapa dari kamu tentu mengingat adanya Museum Tsunami Aceh. Sesuai dengan sebutannya, museum yang satu ini menjadi wisata sejarah besar terkait tragedi tsunami Aceh pada 2004 silam. Museum Tsunami Aceh dibuka untuk umum dan tidak mematok biaya tiket masuk alias gratis. Dengan arsitektur bangunan yang unik, Museum Tsunami Aceh mampu menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. 

Di museum ini, pengunjung akan dibawa untuk merasakan dahsyatnya tragedi tsunami Aceh. pengunjung dapat melihat dengan jelas nama-nama yang menjadi korban tragedi tsunami tersebut. Museum Tsunami Aceh dinilai sangat bersejarah dan dibangun dengan tujuan untuk mengenang perjuangan masyarakat Aceh melawan bencana alam tsunami. 

Tidak hanya dikenal kaya akan nilai sejarah, bangunan ini juga memiliki fungsi yakni menjadi tempat evakuasi saat terjadi tsunami. Tidak sedikit pengunjung yang rela datang dari jauh karena penasaran dan ingin menyusuri Museum Tsunami Aceh. 

Alamat : Banda Aceh, Provinsi Aceh. 

2. Museum Aceh (Rumoh Aceh)

rumoh aceh
regional.kompas.com

Bagi kamu pecinta tempat wisata bersejarah, Museum Aceh juga menjadi salah satu wisata di Banda Aceh yang tidak boleh kamu lewatkan. Museum yang satu ini telah didirikan sejak tahun 1915, tepatnya pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Selain dikenal dengan sebutan Museum Aceh, tempat ini juga populer dengan sebutan Rumoh Aceh atau Rumah Adat Aceh. 

Selain berwisata, kamu juga dapat sekaligus mengetahui banyak hal baru dengan menyusuri museum ini. Terdapat banyak peninggalan serta artefak sejak zaman prasejarah. Salah satu koleksi museum yang populer adalah adanya Lonceng Cakra Donya yang diperkirakan telah berusia 1400 tahun. 

Tidak hanya kaya akan nilai sejarah, tidak sedikit pengunjung yang juga mengagumi arsitektur serta bangunan museum ini. Meskipun telah ada sejak ratusan tahun lalu, tetapi Museum Aceh masih sangat terawat hingga saat ini. Tertarik untuk mengunjunginya? 

Alamat : Jalan Sultan Mahmud Syah Nomor 10, Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

3. Masjid Raya Baiturrahman

masjid raya baiturrahman
kompas.com

Dikenal dengan sebutan kota Serambi Mekah, banda Aceh tentu menyediakan berbagai tujuan wisata religi yang dapat kamu kunjungi, salah satunya adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid yang satu ini dikenal memiliki arsitektur yang indah dengan adanya 12 payung elektrik di bagian halamannya. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri karena menjadikan masjid ini bak Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Raya Baiturrahman tidak hanya ramai dikunjungi masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Meskipun telah dibangun sejak tahun 1612 Masehi, tetapi bangunan masjid masih sangat megah dan kokoh hingga saat ini. Meskipun sempat terjadi bencana besar yakni Tsunami Aceh 2004, tetapi Masjid Raya Baiturrahman tidak hancur karena bencana tersebut. Hal itu juga menjadikan wisatawan penasaran dan ingin datang sekaligus beribadah di Masjid Raya Baiturrahman.

Alamat : Jalan Moh. Jam No. 1, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. 

4. Kapal Apung Lampulo

Kapal Apung Lampulo menjadi saksi bisu terjadinya tragedi tsunami Aceh pada 2004. Dengan berat mencapai 65 ton, kapal kayu milik nelayan ini tersangkut di atas rumah penduduk. Hal tersebut terjadi karena dahsyatnya tsunami. Sebelum tersangkut di rumah warga, kapal milik nelayan yang digunakan untuk mencari ikan ini sedang bersandar di TPI Lampulo. Kapal ini mampu menyelamatkan 59 orang saat tsunami Aceh menerjang. Karena kejadian tersebut, kini Kapal Apung Lampulo dikenal sebagai Monumen sekaligus destinasi wisata bersejarah.

Wisatawan dapat datang dan menyusuri bagian kapal dengan menaiki anak tangga. Dengan mengunjungi Kapal Apung Lampulo, pengunjung dapat mengetahui banyak hal baru sekaligus dapat merasakan suasana dahsyatnya bencana tsunami. 

Saat kamu datang dan berkunjung ke Aceh, monumen yang satu ini menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak boleh kamu lewatkan.

Alamat : Kampung Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. 

5. Taman Sari Gunongan

taman sari gunongan
bernas.id

Tidak perlu jauh-jauh ke negara India untuk melihat Taj Mahal, kamu dapat mengunjungi wisata yang hampir mirip yakni Taman Sari Gunongan. Taman Sari Gunongan merupakan wisata di Banda Aceh yang dibangun sebagai simbol cinta dari para raja untuk permaisuri. Pembangunan taman ini ditujukan sebagai hadiah dari Sultan Iskandar Muda untuk Putri Kamalia, sang permaisuri. 

Tidak jauh dari taman ini, kamu juga dapat sekaligus menjumpai Sungai Krueng Daroy. Kawasan inilah yang biasa digunakan sang permaisuri untuk menyepi serta menuntaskan Kerinduan pada kampung halaman. Jika dilihat sekilas, kawasan Taman Sari Gunongan menyerupai perbukitan di Negeri Pahang, kampung halaman sang permaisuri. 

Bangunan gunongan dengan tiga tingkat dan berwarna putih menjadi ciri khas serta Spot favorit wisatawan. Kamu dapat menyusuri sekaligus mengetahui banyak hal baru dengan datang ke kawasan wisata yang satu ini.

Alamat : Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. 

6. Air Terjun Kuta Malaka

air terjun kuta malaka
andalastourism.com

Pecinta wisata air terjun? Air Terjun Kuta Malaka menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan saat datang ke Banda Aceh. Sesuai dengan sebutannya, wisata alam yang satu ini terletak di kawasan Bukit Kuta Malaka. Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus melewati kawasan terpencil serta jalur yang menantang. Kamu harus melewati 412 anak tangga di area hutan. Meskipun cukup memacu adrenalin, tetapi hal itu tentu tidak menyurutkan niat pengunjung datang dan menikmati indahnya pemandangan air terjun.

Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi air terjun. Aliran air yang deras dan jernih akan menyambut kedatangan wisatawan di Air Terjun Kuta Malaka. Suasana di sekeliling air terjun yang masih sangat alami tentu menjadikan tempat ini cocok untuk melepas penat atau sejenak menenangkan diri. Tertarik untuk mengunjunginya?

Alamat : Kuta Malaka, Suka Makmur, Aceh Besar.

7. Ujung Kelindu

ujong kelindu
phinemo.com

Ujung Kelindu juga dapat kamu kunjungi sebagai salah satu tempat wisata di Banda Aceh. Kawasan yang satu ini menyuguhkan indahnya tebing yang berpadu dengan hamparan perairan luas. Pengunjung dapat sekaligus mengunjungi Tanjung Ujung Kelindu yang dikenal menyuguhkan panorama memukau.

Bagi kamu yang ingin sejenak melepas penat, Ujung Kelindu dapat menjadi tujuan menarik yang bisa kamu datangi. Untuk tiba di lokasi, pengunjung harus melewati jalanan yang menantang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan kamu tidak perlu khawatir karena rasa lelah akan hilang saat tiba di lokasi. Kamu dapat bersantai maupun berfoto dengan latar indahnya pemandangan yang ditawarkan. 

Ujung Kelindu sangat cocok dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Sebelum memutuskan untuk datang ke wisata ini, pastikan kamu memiliki kondisi tubuh yang fit serta kendaraan yang memadai. Waktu terbaik untuk datang ke bukit ini adalah saat pagi dan sore hari.

Alamat : Tanjung Ujung Kelindu, Aceh Besar.

8. Air Terjun Pekan Bilui

air terjun peukan biluy
wisato.id

Bagi kamu yang ingin mengunjungi wisata berupa air terjun, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Air Terjun Pekan Bilui. Air terjun yang satu ini dikenal menyuguhkan panorama yang indah dengan aliran air yang deras dan jernih. Pengunjung tidak hanya dapat melihat, tetapi dapat mencoba bermain air hingga berenang di bawah air terjun.

Untuk tiba di lokasi, kamu harus jalan kaki melewati jalan setapak dengan suguhan pemandangan sawah, pedesaan, serta jajaran bukit barisan. Tidak hanya bermain air, beberapa wisatawan juga tampak melakukan aktivitas memancing di hilir air terjun. Asik sekali bukan?

Jika dirasa kurang menantang, kamu dapat menaiki anak tangga menuju ke atas bukit air terjun. Di sana kamu akan menjumpai padang rumput kecil yang dikenal dengan sebutan Rimbun Asmara. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya?

Alamat : Lamsod, Kecamatan Darul Kamal, Kabupaten Aceh Besar. 

9. Benteng Indra Patra

benteng indrapatra
babad.id

Ada yang pernah mendengar sebutan Benteng Indra Patra? Benteng yang satu ini merupakan benteng peninggalan kerajaan Hindu Budha yang diperkirakan telah ada sejak abad ke-7 Masehi. Adanya bentuk menyerupai Kubah di atas benteng menjadi salah satu ciri khas tersendiri dari Benteng Indra Patra.

Pengunjung yang datang tidak hanya dapat menyaksikan dari luar bangunan, tetapi juga dapat masuk ke dalam benteng. Di dalam, kamu akan menjumpai adanya sebuah sumur yang dulunya digunakan untuk ritual keagamaan. Selain bangunan benteng yang megah, pemandangan penghijauan di sekelilingnya juga akan membuatmu betah.

Pengunjung dapat mengetahui banyak hal baru serta merasakan sensasi liburan yang mengesankan. Tidak hanya itu, banyaknya spot menarik dan instagramable juga sayang untuk dilewatkan. 

Alamat : Krueng Raya, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar.

10. Wisata di Banda Aceh : Pantai Lhok Mee

pantai lhok mee
travelingmedan.com

Satu lagi rekomendasi wisata di Banda Aceh yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Pantai Lhok Mee. Pantai yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dengan butiran pasir putih yang lembut. Air laut yang bening menyerupai kristal juga berhasil menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Selain dikenal menyuguhkan pemandangan yang memukau, Pantai Lhok Mee juga memiliki daya tarik tersendiri yakni adanya pepohonan yang tumbuh dari dalam air. Nama pohonnya adalah Geurumbang. Pohon ini dapat dipanjat dan kamu dapat bersantai dan menikmati semilir angin di atasnya. Asik sekali bukan?

Pantai Lhok Mee juga kerap dipilih sebagai tempat untuk aktivitas snorkeling. Hal itu dikarenakan perairannya yang sangat bersih dan jernih. Terdapat banyak biota laut yang akan memanjakanmu selama menyelam. Liburanmu di pantai ini juga semakin dengan adanya warung atau tempat makan yang menyediakan berbagai menu seafood lezat.

11. Wisata di Banda Aceh : Pantai Lampuk

pantai lampuk
regional.kompas.com

Pantai Lampuk menjadi salah satu tujuan wisata di Banda Aceh yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Pasca terjadinya tsunami Aceh, pntai yang satu ini sempat sepi pengunjung . Seiring berjalannya waktu, kini Pantai Lampuk kembali ramai pengunjung. 

Untuk menuju ke Pantai Lampuk, pengunjung dapat memilih salah satu dari 4 jalur yang ada yakni jalur Babah Satu, Dua, Tiga dan Empat. Jalur Babah Tiga menjadi jalur yang paling banyak dipilih oleh pengunjung. 

Selain dapat menikmati pemandangan serta suasana yang ditawarkan, pengunjung juga dapat mencoba berbagai kegiatan seru selama berada di pantai ini. Kegiatan seru yang dapat dicoba diantaranya menaiki banana boat hingga mencoba sensasi surfing atau berselancar. 

Wisata alam yang satu ini juga menyediakan fasilitas lengkap yang akan memanjakan pengunjung. Kamu dapat menjumpai banyaknya tempat makan yang menyajikan olahan seafood lezat dan segar. Selain itu, tersedia juga cottage atau tempat bermalam bagi kamu yang ingin berlama-lama di Pantai Lampuk. 

Alamat : Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar. 

12. Wisata di Banda Aceh : Pantai Lhoknga

pantai lhoknga
nativeindonesia.com

Tidak jauh dari Pantai Lampuk, kamu sekaligus dapat mengunjungi Pantai Lhoknga. Salah satu tempat wisata di Banda Aceh ini dikenal menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah indah dari pantai sebelumnya. Pantai Lhoknga memiliki daya tarik tersendiri yakni menjadi kawasan favorit wisatawan untuk surfing dan memancing. 

Ombak besar di Pantai Lhoknga menjadikan kawasan ini kerap dilirik oleh komunitas selancar internasional. Bagi kamu yang tidak ingin berselancar maupun memancing, kamu dapat sekedar bersantai dan menikmati suasana sekitar pantai. Bagi pecinta foto, kamu tentu akan dibuat betah karena terdapat banyak spot menarik di pantai ini. Salah satu spot foto favorit pengunjung adalah ayunan. Kamu dapat berpose duduk di ayunan dengan latar pemandangan pantai yang menawan. 

Suasananya yang tenang menjadikan Pantai Lhoknga cocok dikunjungi sebagai tempat untuk menenangkan diri. Menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga dengan mengunjungi Pantai Lhoknga tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

Alamat : Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. 

13. Wisata di Banda Aceh : Bukit Lhok Eumpe

bukit lhok eumpe
genpi.co

Selain pantai, kamu juga dapat mengunjungi bukit saat sedang mencari tempat wisata di Banda Aceh. Bukit Lhok Eumpe merupakan salah satu wisata populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi khususnya bagi kamu yang hobi mendaki. 

Untuk tiba di puncak bukit, pengunjung perlu menempuh sekitar 15 menit perjalanan dengan berjalan kaki. Meskipun melelahkan, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena suguhan pemandangan indah yang ditawarkan selama perjalanan akan membuatmu kagum. Padang savana serta bukit barisan yang indah akan menyambut pengunjung. Selain pemandangan yang indah, masyarakat di sekitar Bukit Lhok Eumpe juga dikenal ramah. 

Alamat : Gampong Nusa, Lhoknga, Aceh Besar. 

source : https://www.youtube.com/@RepublikWisata

Nah itulah daftar rekomendasi wisata di Banda Aceh yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Dari rekomendasi di atas, kira-kira tempat wisata manakah yang tampak paling dan ingin kamu kunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *